Langkah Mudah Meraup Rupiah

Jumat, 04 September 2009

Transmigrasi, Salah Satu Solusi Perbatasan NKRI



JAKARTA, KOMPAS.com — Begitu banyak persoalan bangsa ini yang harus segera diselesaikan. Klaim negara tetangga soal wilayah, kebudayaan, hingga harga diri merupakan persoalan rumit yang harus segera dicarikan solusi.

"Selain itu, masih ada persoalan besar bangsa ini yaitu bagaimana mengatasi kemiskinan dan kepadatan penduduk di kota besar," demikian dikatakan Aswin Ali Nasution, Ketua Umum Kader Muda Demokrat, dalam bincang-bincang bersama jajaran Depnakertrans, di Jakarta.

Menurut Aswin, ada beberapa variabel yang dapat digunakan untuk mengatasi persoalan tersebut. "Salah satunya adalah dengan menggalakkan transmigrasi. Saya melihat transmigrasi memiliki muatan strategis untuk mengatasi persoalan masyarakat di kota besar dan padat penduduknya," katanya.

Pertama, transmigrasi dianggap mampu sebagai solusi mengatasi kepadatan penduduk, artinya transmigrasi merupakan satu-satunya departemen yang mampu melakukan pemerataan penduduk.

Kedua, menurut Aswin, lewat transmigrasi persoalan perekonomian rakyat juga mampu diatasi. "Nah, variabel yang ketiga, transmigrasi bisa digunakan sebagai garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI," ujar Aswin.

Ditinjau dari persoalan bangsa akhir-akhir ini di wilayah perbatasan dengan Malaysia rawan dengan permasalahan. Untuk ke depannya diharapkan hal tersebut jangan sampai terjadi lagi.

"Jika semua wilayah perbatasan dan pulau-pulau yang belum berpenghuni kita kirim para transmigran untuk membuka lahan maka pertumbuhan ekonomi, pemerataan penduduk, dan pertahanan nasional benar-benar akan terwujud," katanya.

Aswin Nasution berharap, semua program tersebut dapat terwujud apabila ketransmigrasian ini menjadi departemen tersendiri. Alasan yang mendasar adalah kalau tidak dipisah dengan tenaga kerja maka optimalisasi dalam kinerja ketransmigrasian tidak akan pernah tercapai.

“Untuk itulah kami sebagai kader muda Demokrat sangat peduli dan kami siap mengirimkan transmigran di seluruh pelosok Tanah Air," demikian diungkapkan Aswin Ali Nasution dalam mengakhiri perbincangan. (gie)

Sumber : http://nasional.kompas.com/read/xml/2009/09/04/10265623/transmigrasi.salah.satu.solusi.perbatasan.nkri
Salam Action

Tidak ada komentar:

Posting Komentar